Tiga Remaja Tenggelam di Pantai Wagir Indah Cilacap

Kamis, 03 Oktober 2024 – 09:45 WIB
Tiga Remaja Tenggelam di Pantai Wagir Indah Cilacap - JPNN.com Jateng
Tim SAR gabungan melakukan penyisiran di darat untuk mencari tiga remaja yang dilaporkan hilang akibat tenggelam di Pantai Wagir Indah, Desa Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2024). ANTARA/HO-Basarnas Cilacap

jateng.jpnn.com, CILACAP - Tim gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap melakukan pencarian terhadap tiga remaja yang hilang setelah tenggelam di Pantai Wagir Indah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Selasa (1/10).

Pencarian ini melibatkan tim Search and Rescue (SAR) yang terbagi dalam tiga unit untuk memperluas jangkauan pencarian.

Kepala Basarnas Cilacap M Abdullah mengatakan bahwa tim SAR dibagi dalam tiga SRU (Search and Rescue Unit). SRU 1 menyisir area laut seluas 4 Nautical Mile (NM) menggunakan perahu karet Rigid Inflatable Boat (RIB).

SRU 2 bertugas di lokasi lebih sempit, dengan penyisiran 1 NM menggunakan perahu karet jenis Landing Craft Rubber (LCR), sementara SRU 3 melakukan pencarian di darat sejauh 1 kilometer ke arah barat dan timur, menggunakan kaki dan sepeda motor penyelamat.

Hingga pukul 11.00 WIB pada Rabu (2/10), tim SAR belum menemukan tanda-tanda keberadaan ketiga remaja yang tenggelam. "Pencarian akan terus dilakukan hingga ketiga korban ditemukan," kata Abdullah, Kamis (3/10).

Kejadian ini bermula saat lima remaja yang berasal dari Desa Karangturi Wetan, Kecamatan Kroya, Cilacap, sedang bermain di Pantai Wagir Indah pada Selasa (1/10) sekitar pukul 15.00 WIB.

R (14), salah satu dari mereka, hanya bermain di darat, sementara empat lainnya mandi di pantai. Nahas, mereka terseret ombak, dan meskipun salah satu korban berhasil menyelamatkan diri, tetapi 3 temannya tidak berhasil diselamatkan dan kini masih dalam pencarian.

Di sisi lain, Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga Kamis (3/10) di wilayah selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tim SAR melakukan pencarian terhadap tiga remaja yang hilang setelah tenggelam di Pantai Wagir Indah, Kabupaten Cilacap.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News