BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah, Waspada Bencana Hidrometeorologi

Senin, 21 Oktober 2024 – 21:00 WIB
 BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah, Waspada Bencana Hidrometeorologi - JPNN.com Jateng
Sejumlah pengendara menerobos hujan dan banjir di Jalan Majapahit, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Potensi cuaca ekstrem diprakirakan akan melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah pada 22-24 Oktober 2024.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengatakan kelembapan udara pada berbagai ketinggian yang cenderung basah berpotensi membentuk awan Cumulonimbus.

"Kondisi tersebut juga dipengaruhi oleh liabilitas udara yang kuat di wilayah Jawa Tengah," katanya, Senin (21/10).

Suhu udara di perairan utara dan selatan Jawa yang hangat, kata dia, berpotensi menambah massa uap air yang dapat meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan.

"Kondisi-kondisi tersebut, berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang," ujarnya.

Sejumlah daerah yang diprakirakan mengalami cuaca ekstrem, antara lain Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Semarang, Kendal, Boyolali, Batang, Demak, Blora, serta Magelang.

Selain itu, Kabupaten Pekalongan serta Kota Semarang dan Magelang.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kenaikan suhu udara yang berpotensi mengakibatkan kebakaran lahan dan hutan

Potensi cuaca ekstrem diprakirakan akan melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah pada 22-24 Oktober 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News