Bibit Siklon Tropis Muncul di Samudra Hindia, Jawa Tengah Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan

Sabtu, 19 Maret 2022 – 17:53 WIB
Bibit Siklon Tropis Muncul di Samudra Hindia, Jawa Tengah Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan - JPNN.com Jateng
BMKG memprakirakan cuaca di wilayah Jateng hujan lebat hingga sedang disertai petir dan angin kencang, selama 3 hari ke depan. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem bakal terjadi di Jawa Tengah 3 hari ke Depan.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya Bibit Siklon Tropis 93S terpantau berada di Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

Bibit Siklon Tropis itu membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudra Hindia selatan NTB hingga Jawa Barat, dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, dari Selat Karimata hingga Laut Jawa utara Bali, dan NTB.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Tengah.

Selain itu, anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Kelembapan udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

"Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal di wilayah Jawa Tengah," kata Sutikno, Sabtu (19/3).

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 20-22 Maret 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Bibit Siklon Tropis 93S terpantau berada di Samudra Hindia selatan Jawa Timur. Kondisi itu akan membuat cuaca ekstrem di Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News