Menu Buka Puasa dan Sahur yang Sehat ala Dokter, Simak Bun!

Minggu, 03 April 2022 – 23:22 WIB
Menu Buka Puasa dan Sahur yang Sehat ala Dokter, Simak Bun! - JPNN.com Jateng
Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani, Sp.GK, FINEM, AIFO-K. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

jateng.jpnn.com, PURWOKERTO - Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani, Sp.GK, FINEM, AIFO-K membagikan tips menu buka dan sahur sehat selama menjalani ibadah puasa Ramadan 2022.

Dia mengatakan masyarakat harus tetap menjaga asupan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi setiap orang.

"Bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa harus tetap memperhatikan asupan gizi seimbang, terutama saat buka dan makan sahur," katanya, Minggu (3/4).

Dokter yang praktik di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara, Jawa Tengah, itu menjelaskan asupan gizi seimbang diperlukan untuk mempertahankan berat badan yang ideal, mencegah kegemukan dan yang paling penting adalah dapat menjaga kebugaran dan kesehatan.

"Dengan demikian masyarakat akan tetap bugar dan sehat sehingga dapat mendukung kelancaran ibadah puasa yang sedang dijalankan, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19, diperlukan tubuh yang sehat dengan imunitas yang baik," katanya.

Nurhati Febriani menjelaskan menu buka puasa atau sahur harus memperhatikan kandungan makronutrien, seperti karbohidrat, protein dan lemak, juga mikronutrien, seperti vitamin dan mineral serta air.

"Masyarakat juga sebaiknya membatasi konsumsi minum dingin dan es serta makanan pedas dan asam karena saluran cerna tidak dilalui makanan sekitar 12-15 jam, maka lambung akan lebih sensitif bila mengonsumsi makanan atau minuman jenis itu," katanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis karena akan dicerna lebih cepat dan otomatis juga akan cepat menyebabkan lapar.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani membagikan tips menu buka puasa dan sahur yang sehat di Ramadan 2022.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News