Prediksi Kepadatan Kendaraan di Tol Semarang-Batang hingga Solo-Ngawi, Pemudik, Simak!

Kamis, 21 April 2022 – 13:05 WIB
Prediksi Kepadatan Kendaraan di Tol Semarang-Batang hingga Solo-Ngawi, Pemudik, Simak! - JPNN.com Jateng
Gerbang Tol Kalikangkung Semarang saat akhir 2021 lalu. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepadatan kendaraan di sejumlah ruas tol di Jawa Tengah diprediksi akan terjadi saat puncak arus mudik Lebaran 2022.

Sebagian simpang susun, gerbang tol, dan rest area menjadi tempat yang berpotensi menimbulkan padatnya laju kendaraan pemudik.

Direktur Utama PT Trans Marga Jateng Denny Candra Irawan menyebut ruas Tol Semarang-Solo termasuk bagian dari potensi perlambatan gerak kendaraan.

"Iya, biasanya terjadi di akses Bawen, karena ada terminal tipe A yang jaraknya hanya 800 meter dari gerbang tol," kata Denny saat keterangan pers di Plaza Tol Manyaran, Kota Semarang, Rabu (20/4).

Sejumlah skenario telah disiapkan pihaknya untuk mengurai kemacetan. Koordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan setempat memunculkan rekayasa pengaturan keluar-masuk kendaraan ke arah Bawen.

"Kalau tidak mampu menampung, kami rekayasa untuk keluar lewat Jalan Raya Bawen-Salatiga. Atau melakukan penutupan Simpang Susun Bawen dari Salatiga menuju Boyolali," jelasnya.

Kemacetan juga diperkirakan terjadi di ruas Tol Solo-Ngawi. Gerbang Tol Colomadu dan Kartasura menjadi dua tempat yang bakal terjadi penumpukan kendaraan.

"Lalu ada dua rest area, tetapi sudah kami antisipasi. Untuk jalur relatif aman dan terkendali," tambah Direktur Utama Jasa Marga Solo Ngawi Arie Irianto.

Jasa marga telah memetakan prediksi kepadatan kendaran di Tol Semarang-Batang hingga Solo-Ngawi. Pemudik, simak baik-baik, ya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News