Puncak Arus Mudik, Terminal Tirtonadi Solo Bisa Berangkatkan 4 Ribu Armada Per Hari

Kamis, 21 April 2022 – 16:10 WIB
Puncak Arus Mudik, Terminal Tirtonadi Solo Bisa Berangkatkan 4 Ribu Armada Per Hari - JPNN.com Jateng
Terminal Tirtonadi Solo masih tampak sepi, Kamis (21/04/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Kepadatan sirkulasi penumpang bus di Terminal Tipe A Tirtonadi bakal lebih ramai dari pada Lebaran 2018. Sebanyak 40-50 ribu penumpang diperkirakan akan keluar-masuk Tirtonadi pada puncak arus mudik. 

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto mengatakan keramaian itu muncul mengingat pengalaman adanya larangan mudik atau berpergian jauh pada Lebaran sebelumnya.

"Mudik itu mulau sepi sejak 2019, dan berlanjut pada 2020 serta 2021. Lalu situasi pandemi mulai kondusif pada 2022 ini, jadi predikasinya kepadatan akan seramai 2018 atau bahkan lebih ramai dari pada waktu itu," jelasnya, Kamis (21/04).

Berdasarkan data kepadatan dan sirkulasi penumpang maupun armada Terminal Tirtonadi 2018, puncak kepadatan masa angkutan Lebaran terjadi pada H-3. 

Pada momen tersebut tercatat ada 40-50 ribu penumpang keluar masuk terminal dalam satu hari. Joko menuturkan penumpang sebesar itu setara dengan 2-4 ribu armada dalam sehari.

"Hitungannya selama 24 jam mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB lagi. Ini terjadi pada H-3 Lebaran, biasanya kepadatannya naik itu sejak H-7 Lebaran," terangnya.

Disinggung soal berapa jumlah armada mudik gratis yang akan masuk Terminal Tirtonadi pada tahun ini, pihaknya masih belum bisa memberi kepastian karena masih terus dalam koordinasi. 

Dia mengatakan armada mudik gratis juga diprediksi ramai lantaran difasilitasi oleh beebagai pihak mulai dari Kementerian Perhubungan, Pemda terkait, hingga perusahaan milik pemerintah maupun milik swasta.

Peningkatan jumlah penumpang diprediksi akan terjadi di Terminal Tirtonadi Solo. Jumlahnya diprediksi sama dengan puncak arus mudik 2018.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News