Kakorlantas Tak Ingin Miskomunikasi dengan Pemudik Terulang

Kamis, 05 Mei 2022 – 20:00 WIB
Kakorlantas Tak Ingin Miskomunikasi dengan Pemudik Terulang - JPNN.com Jateng
Antrean kendaraan pemudik saat pelaksanaan one way di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Irjen Pol Firman Shantyabudi tak ingin miskomunikasi dengan pemudik terulang seperti di Tol Cipularang, saat arus mudik kemarin.

"Jangan sampai masyarakat terjebak oleh langkah yang akan kami lakukan, jadi harus ada imbauan-imbauan," ucapnya saat meninjau kesiapan Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/5).

Firman menyebut arus kendaraan pemudik meningkat saat puncak arus balik Lebaran.

Sejumlah skema telah disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

Sesuai dengan prediksi, kepadatan kendaraan saat arus balik Lebaran akan terjadi pada 6, 7, 8 Mei 2022.

Penerapan contra flow, sistem satu arah atau one way, dan ganjil genap telah dipersiapkan dengan matang.

"Pengurangan kendaraan maupun penambahan jalan akan dilakukan karena tingginya arus balik," kata Firman.

Kendati demikian, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada polda jajaran menerapkan inovasi rekayasa lalu lintas untuk mengurai potensi kemacetan di berbagai jalur pemudik.

Kemacetan parah di Tol Cipularang menjadi catatan Kakorlantas Polri. Pada araus balik Lebaran ini, dia tak ingin kejadian yang sama terjadi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News