Arus Balik 2022, Rest Area Buka-Tutup, Pemudik Diminta Tak Berlama-lama

Sabtu, 07 Mei 2022 – 21:05 WIB
Arus Balik 2022, Rest Area Buka-Tutup, Pemudik Diminta Tak Berlama-lama - JPNN.com Jateng
Salah satu rest area UMKM di 391A tol Batang-Semarang. Di rest area tersebut akan disajikan menu tradisional oleh para pelaku UMKM. (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jasa Marga meminta pengendara di ruas tol yang menuju Jakarta tidak berlama-lama beristirahat di rest area tol saat pemberlakuan sistem satu arah atau one way.

Beberapa rest area di sepanjang ruas Tol Semarang-Solo diberlakukan buka-tutup untuk mengurangi kepadatan selama one way diterapkan.

Humas Trans Marga Jateng Dian Saputra mengatakan kepadatan arus kendaraan menuju Jakarta yang melintas di ruas tol Semarang-Solo kian meningkat.

Sejumlah pengaturan melancarkan arus balik Lebaran 2022 telah diterapkan, termasuk membatasi waktu pengguna jalan masuk ke rest area.

Dian menyebut terdapat lima rest area di ruas tol Semarang-Solo. Dua arah Kota Semarang, tiga menuju Kota Solo.

"Kami berlakukan buka tutup, kalau tidak begitu pasti akan ada kemacetan," kata Dian kepada JPNN.com Jateng di Gerbang Tol (GT) Banyumanik, Sabtu (7/5).

Dian meminta para pengendara dapat mematuhi kebijakan saat musim mudik dan balik Lebaran tahun ini. Menurutnya, kerja sama yang terjalin baik akan melancarkan arus kendaraan menuju Jakarta.

Terlebih, kata Dian, apabila mendapati rest area penuh, pengguna jalan dapat keluar di gerbang tol terdekat kemudian masuk kembali melanjutkan perjalanan melewati tol.

Pemudik diminta tidak berlama-lama beristirahat di rest area tol saat pemberlakuan sistem satu arah atau one way.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News