Asrama Donohudan Bersiap Sambut 15.477 Calon Jemaah Haji Asal Jateng-DIY

Selasa, 31 Mei 2022 – 09:55 WIB
Asrama Donohudan Bersiap Sambut 15.477 Calon Jemaah Haji Asal Jateng-DIY - JPNN.com Jateng
Salah seorang petugas saat tengah mengecek lemari di kamar tidur yang berada di Gedung Makkah Asrama Donohudan, Senin (30/05/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Pengelola Asrama Haji Donohudan, Boyolali mulai bersiap menyambut Jemaah haji asal Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pengelola telah menyiapkan sejumlah rungan khusus di tempat tersebut. 

“Persiapan sudah hampir selesai, tinggal penataan ruang pertemuan. Khusus untuk jemaah haji sudah siap semuanya,” jelas Kepala Unit Pengelolaan Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto, Senin (30/5).

Tercatat ada 15.477 calon jemaah haji dari Jateng dan DIY yang akan berangkat dari Asrama Haji Donohudan. Perinciannya, 13.776 asal Jateng dan 1.701 asal DIY.

Mereka nantinya akan menempati kamar tidur yang ada di lantai 1,2, dan 3 Gedung Makkah Asrama Donohudan dengan total kapasitas bed mencapai 1.050.

Bambang mengatakan, para jemaah akan tiba secara bergantian selama 29 hari dimulai dari 3 Juni 2022. Mereka akan menginap semalam untuk kemudian diberangkatkan menuju Jeddah, Arab Saudi pada esok harinya.

“Jemaah mulai masuk pada 3 Juni berangkat 4 Juni, satu kloternya ada 360 jemaah,” terang bambang.

Bambang menjelaskan akan ada 43 kloter. Pada 14 hari pertama ada 2 kloter setiap harinya, sedangkan pada 15 hari terakhir ada 1 kloter setiap harinya.

Terkait dengan status Asrama Donohudan sebagai rumah sakit darurat untuk pasien Covid-19, Bambang menyebut jika status tersebut masih berlaku. Namun demikian, jumlah pasien yang dirawat saat ini adalah nol.

Meski masih berstatus rumah sakit darurat Covid-19, Asrama Donohudan bersiap menyambut ribuan calon jemaah haji asal Jateng-DIY.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News