Tanggul Geobox Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Sudah Jadi, Ini Penampakannya

Kamis, 16 Juni 2022 – 16:02 WIB
Tanggul Geobox Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Sudah Jadi, Ini Penampakannya - JPNN.com Jateng
Tanggul geobox di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam tahap penyelesaian akhir. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Tanggul geobox sepanjang 340 meter di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sudah berdiri gagah menahan tekanan air laut.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi mengatakan estimasi pengerjaan tanggul geobox tersebut dipersingkat sebelum pada waktunya.

Langkah itu dilakukan lantaran BMKG memprediksi akan terjadi gelombang dan pasang air laut atau banjir rob Semarang yang lebih besar dari sebelumnya.

"Prediksi dari BMKG 16 sampai 17 Juni, sengaja dilakukan percepatan selesai pada Rabu (15/6) pada pukul 02.30 WIB," kata Adek kepada JPNN.com Jateng, Kamis (16/6).

Modifikasi tanggul dengan pemasangan geobox tersebut diklaim dapat menahan hantaman gelombang dan pasang air laut, walaupun bersifat sementara.

"Komponen utamanya geotekstil dengan lebar 1,5 meter, tingginya 70 sentimeter dipasang di atas timbunan tanah menjadi 1,9 meter," ucap Adek.

Kini, pihaknya tinggal menyelesaikan tahap akhir tanggul menggunakan konstruksi beton bertulang di belakang PT Glory kawasan Lamicitra Nusantara.

"Di PT Glory tidak bisa dipasang geobox karena antara tanggul dan bangunan sangat sempit, space hanya 1,5 meter," tuturnya.

BBWS Pemali Juana selesaikan tanggul geobox sepanjang 340 meter di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menyusul prediksi dari BMKG.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News