Dampak Supermoon di Pesisir Semarang, BMKG Minta Warga Waspada

Senin, 13 Juni 2022 – 22:24 WIB
Dampak Supermoon di Pesisir Semarang, BMKG Minta Warga Waspada - JPNN.com Jateng
BMKG sebut tahun ini terdapat tiga kali fenomena supermoon di Sumbar. Foto: Antara/Ist

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan fenomena full strawberry supermoon atau bulan purnama stroberi penuh akan berdampak rob di pesisir utara Pulau Jawa.

Pesisir Kota Semarang menjadi daerah yang diperkirakan diterjang rob imbas fenomena supermoon pada Selasa (14/6) besok.

"Fenomena bulan purnama stroberi penuh berpotensi pada peningkatan pasang air laut," kata Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi BMKG Maritim Tanjung Emas Semarang Ganis Erutjahjo kepada JPNN.com Jateng, Senin (13/6).

Berdasarkan pengamatannya, Kampung Tambaklorok dan sekitarnya menjadi daerah paling rawan dilanda rob saat fenomena supermoon.

Sebab, saat pengaruh kecepatan angin mencapai 20 knot atau 36 kilometer per jam dan terpantau pasang air laut setinggi 150 sentimeter, dipastikan rob akan melanda kampung nelayan di timur Pelabuhan Tanjung Emas tersebut.

"Kalau pembacaan observasi kami sudah 150 sentimeter, pasti ada genangan meskipun hanya beberapa sentimeter," ucap Ganis.

Dia menyebut rob dalam riwayat observasinya di pesisir Ibu Kota Jawa Tengah, akan melanda tiga hari seusai bulan purnama.

"Selisih dua atau tiga hari kemudian baru pasangnya tinggi," ujarnya.

BMKG menyebut fenomena full strawberry supermoon berdampak pada peningkatan pasang yang berakibat rob di pesisir Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News