Indekos di Banyumas Meresahkan, Beroperasi Kayak Hotel, Terima Tamu Lawan Jenis

Selasa, 21 Juni 2022 – 18:04 WIB
Indekos di Banyumas Meresahkan, Beroperasi Kayak Hotel, Terima Tamu Lawan Jenis - JPNN.com Jateng
Mediasi antara pemilik rumah kos dan perwakilan warga terkait dengan pengalihan fungsi rumah kos menjadi hotel di wilayah Kelurahan Karangwangkal, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Senin (20/6/2022) malam. ANTARA/HO-Satpol PP Banyumas

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Sejumlah indekos di Banyumas, Jawa Tengah, beroperasi tidak sebagaimana mestinya. Banyak pemilik kos-kosan tidak menjalankan usahnya sesuai dengan perizinan yang didapat.

"Kalau memang izin usahanya untuk indekos, ya jangan terima tamu harian. Kalau memang mau dialihkan menjadi hotel, ya harus memperbarui izinnya," kata Kepala Satpol PP Banyumas Setia Rahendra, Selasa (21/6).

Dia mengatakan pemilik indekos juga wajib memasang peraturan yang diberlakukan di tempat tersebut, seperti larangan menerima tamu lawan jenis yang bukan pasangan resminya di dalam kamar dan sebagainya.

Menurut dia, pihaknya tidak segan untuk merazia kos-kosan yang diduga menerima pasangan tidak resmi menginap di tempat itu.

Dia mengatakan jika ditemukan adanya pelanggaran pihaknya akan memberikan sanksi mulai teguran lisan, surat peringatan pertama hingga ketiga.

Jika surat peringatan ketiga tidak diindahkan, akan dicabut izin operasi atau ditutup usahanya.

"Seperti dalam razia yang digelar pada hari Minggu (19/6), kami mendapati tujuh pasangan tidak resmi yang masih berusia muda di salah satu indekos yang masuk wilayah Kelurahan Karangwangkal, Kecamatan Purwokerto Utara," kata Setia.

Setia Rahendra mengatakan kos-kosan tersebut telah bekerja sama dengan jaringan layanan perhotelan dan hotel hemat yang berpusat di India.

Petugas Satpol PP geram dengan sejumlah indekos di Banyumas, yang beroperasi layaknya hotel. Selain itu, ada pula menerima tamu lawan jenis.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News