Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, FX Rudy: Sosok yang Loyal kepada PDIP

Jumat, 01 Juli 2022 – 14:46 WIB
Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, FX Rudy: Sosok yang Loyal kepada PDIP - JPNN.com Jateng
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meminta para PNS dan PPPK untuk bekerja dari rumah mulai besok. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/07) siang.

Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menganal sosok Tjahjo Kumolo sebagai seseorang yang sangat loyal kepada PDIP. Tjahjo dianggap memiliki teknik diplomasi yang baik untuk kepentingan bangsa dan negara. 

"Saya sangat dekat. Ketika di Solo, beliau (Tjahjo) sering mampir ke rumah saya. Terakhir pada, 23 Mei 2022," ungkapnya saat dihubungi, Jumat (1/07) siang.

Selain sebagai Menpan RB, Tjahjo Kumolo tercatat pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (2014-2019) dan PLT Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2019.

Pria kelahiran Surakarta, 1 Desember 1957 itu Tjahjo juga tercatat pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari tahun 1999 - 2014.

Rudy menyebut bahwa Tjahjo selalu memberi nasehat kepadanya yakni menjaga prinsip, sikap, dan komitmen kepada partai dan masyarakat.

"Sumbangsihnya cukup banyak. Saya minta tambahan formasi untuk ASN biar pun formasinya tidak sesuai, selalu diberikan solusi oleh beliau," beber mantan Wali Kota Surakarta itu. 

Rudy juga mengaku bahwa dirinya terus memantau perkembangan terkait kesehatan Tjahjo Kumolo melalui komunikasi yang ia jalin dengan orang-orang di KemenpanRB.

MenPan-RB Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News