Solar Subsidi untuk Nelayan Pati Tiba, Kapal di Bawah 30 GT Silahkan Merapat

Kamis, 14 Juli 2022 – 23:18 WIB
Solar Subsidi untuk Nelayan Pati Tiba, Kapal di Bawah 30 GT Silahkan Merapat - JPNN.com Jateng
Mobil tangki pengangkut BBM jenis solar melayani pengisian ke kapal nelayan. ANTARA/HO-Pertamina.

jateng.jpnn.com, PATI - PT Pertamina menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi untuk masyarakat nelayan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang memiliki kapal di bawah 30 gross ton (GT).

"Untuk kapal nelayan dengan kapal 30 GT atau lebih, kami menyediakan solar industri yang dapat dilayani oleh delapan agen resmi kami di wilayah Pati," kata Area Manager Communication, Relations and Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih, Kamis (14/7).

Brasto juga menegaskan sesuai Perpres Nomor 191 Tahun 2014, hanya kapal di bawah 30 GT yang diperkenankan membeli solar subsidi di SPBUN.

Dia menjelaskan pihaknya memang melakukan penyesuaian harga Pertamina Dex dan Dexlite sejak 10 Juli 2022 dikarenakan tren ICP (Indonesia Crude Price) atau harga minyak mentah pada Juni 2022 melonjak, bahkan lebih tinggi 37 persen dari harga ICP pada Januari 2022.

Solar yang tersedia di agen merupakan produk BBM industri yang sesuai Kepmen ESDM 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU).

Menurutnya, harga jual itu disesuaikan dengan kondisi kenaikan minyak dunia dengan tetap mengedepankan penetapan harga secara kompetitif.

“Kami senantiasa memberikan pelayanan untuk pembelian solar industri melalui agen-agen resmi kami untuk melayani nelayan dengan kapal di bawah 30 GT," ujarnya.

Pembelian melalui agen BBM industri langsung diantar hingga pinggir pelabuhan melalui mobil tangki BBM dan tersedia selama 24 jam.

Brasto menekankan Pertamina akan terus melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga penyalur dan agen penyalur BBM Industri.

“Bagi masyarakat dan konsumen yang membutuhkan informasi seputar produk dan layanan yang lainnya, dapat menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135 atau melalui aplikasi MyPertamina maupun website www.pertamina.com," ujarnya.(antara/jpnn)

Pertamina menyalurkan BBM jenis solar subsidi untuk nelayan Pati, Jateng. Kapal yang sesuai kriteria boleh membeli.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News