Peralihan Musim, Ada Gelombang Tinggi 3 Hari, Waspadai Rob di Pantura Jateng

Jumat, 15 Juli 2022 – 21:45 WIB
Peralihan Musim, Ada Gelombang Tinggi 3 Hari, Waspadai Rob di Pantura Jateng - JPNN.com Jateng
Prakiraan musim hujan Jawa Tengah (ANTARA/ HO-BMKG Stasiun Klimatologi Semarang)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di pantai utara (pantura) Jawa Tengah, khususnya para pelaku kegiatan kelautan agar mewaspadai gelombang tinggi saat peralihan musim hujan ke musim kemarau.

"Selama tiga hari ke depan gelombang tinggi di perairan Laut Jawa masuk kategori sedang, yakni antara 1,25 meter hingga 2,5 meter," kata Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Ganis Erutjahjo, Jumat (15/7).

Menurut dia, gelombang tinggi tersebut dipengaruhi adanya angin kencang yang terjadi selama masa peralihan musim.

"Ketinggian gelombang secara umum dipengaruhi oleh adanya kecepatan angin, kebetulan untuk kecepatan angin pada saat itu diperkirakan berkisar antara 15-20 knot," ujarnya.

Dia menyebut gelombang tinggi tersebut juga berimbas pada ketinggian pasang air laut atau rob yang mengakibatkan banjir pesisir di wilayah pantura Jawa Tengah.

"Oleh karena itu, kami mengimbau para pelaku kegiatan kelautan dan pelayaran, khususnya nelayan dengan perahu kecil untuk lebih mewaspadai terjadinya cuaca buruk," katanya.

Bagi para nelayan, cuaca buruk berupa gelombang tinggi dan angin kencang juga mempengaruhi hasil tangkapan ikan saat melaut.(antara/jpnn)

BMKG memprakirakan golombang tinggi akan berlangsung selama 3 hari yang berpotensi menyabkan rob di pantura Jateng.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News