Tanggul di Pati Jebol 25 Meter, Ganjar Minta Penanganan Harus Cepat

Jumat, 15 Juli 2022 – 21:28 WIB
Tanggul di Pati Jebol 25 Meter, Ganjar Minta Penanganan Harus Cepat - JPNN.com Jateng
Proses evakuasi warga terdampak banjir bandang Pati. Foto: BPBD Provinsi Jawa Tengah.

jateng.jpnn.com, BREBES - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan warga yang terdampak banjir bandang di Pati sudah mendapatkan penanganan dengan baik.

Ganjar juga mendesak seluruh kekuatan segera menuntaskan perbaikan tanggul sungai yang jebol.

"Tim sudah diturunkan bupati. Tanggulnya jebol, maka saya minta untuk dilakukan penanganan cepat. Sekarang harus cepat," katanya saat ditemui seusai menghadiri acara di Rest Area Heritage KM 260B, Banjaratma, Brebes, Jumat (15/7).

Ganjar mengatakan pananganan dan perbaikan tanggul jebol seharusnya tidak terlalu sulit. Menurutnya, hal tersebut bisa diselesaikan cepat dengan mengirim alat berat ke lokasi.

"Sebenarnya dari peta yang ada tidak terlalu sulit. Tinggal mengirim alat beratnya ke sana. Dari BBWS kemarin sudah turun," ujarnya.

Pada prinsipnya, kata dia, penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Pati, bisa dikerjakan lebih dulu oleh pemerintah daerah setempat.

Ganjar mengatakan Pemprov Jateng dalam hal ini bersifat membantu apabila kabupaten tak mampu mengatasi atau mengalami kendala dalam penanganan bencana.

"Memang terkait alat berat, dan sebagainya kemarin kami sudah komunikasi dan sudah dua hari ini mereka bekerja," katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat BPBD Provinsi Jawa Tengah Diki Rulli Perkasa mengatakan penanganan sinergis itu dipusatkan ke dua desa terdampak, yakni Bulumanis Kidul dan Tunjungrejo.

Ganjar Pranowo meminta penanganan tanggul jebol yang menyebabkan banjir bandang di Pati, Jateng, bisa dikerjakan dengan cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News