BPBD Jateng Fokus Pemulihan 2 Desa yang Diterjang Banjir Bandang di Pati

Jumat, 15 Juli 2022 – 17:04 WIB
BPBD Jateng Fokus Pemulihan 2 Desa yang Diterjang Banjir Bandang di Pati - JPNN.com Jateng
Proses evakuasi warga terdampak banjir bandang Pati. Foto: BPBD Provinsi Jawa Tengah.

jateng.jpnn.com, PATI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah menerjunkan tim untuk mengatasi banjir bandang di Kabupaten Pati.

Tim gabungan dikerahkan melakukan pembersihan fasilitas umum, dan jalan agar akses perbaikan tanggul yang jebol berjalan lancar.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat BPBD Jawa Tengah Diki Rulli Perkasa mengatakan penanganan sinergis itu dipusatkan ke dua desa terdampak, Bulumanis Kidul dan Tunjungrejo.

Sementara di area terdampak di pusat Pati Kota sudah tertangani. Pihaknya menyatakan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

"Hari ini kami harapkan bisa selesai, (supaya) jika ada alat berat (masuk) bisa sampai ke sana," ujarnya kepada awak media, Jumat (15/7).

Diki mengatakan ada lima daerah di sekitar Kabupaten Pati turut andil mengerahkan tenaga dan armada, mulai dari Kabupaten Jepara, Demak, Kudus, Grobogan, dan Rembang.

"Pola penanganan untuk segera alat berat, sand bag dari BBWS dan Balai PSDA Jateng. Untuk isian pasir dan tanah dari DPU Pati," ujarnya.

Sedangkan untuk rumah terdampak akan ditangani oleh Baznas Pati dengan dukungan dari seluruh Camat di Kabupaten Pati. Pihaknya juga meminta Dinas Kesehatan Pati memberi layanan kesehatan warga yang terdampak.

BPBD Provinsi Jawa Tengah menerjunkan tim untuk mengatasi banjir bandang di Pati. Dua desa terdampak paling parah jadi prioritasnya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News