APG 2022 Resmi Ditutup, Masih Ada PR Buat Gibran dan Menpora

Minggu, 07 Agustus 2022 – 08:10 WIB
APG 2022 Resmi Ditutup, Masih Ada PR Buat Gibran dan Menpora - JPNN.com Jateng
Ketua Pelaksana Inaspoc Gibran Rakabuming Raka. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 Jawa Tengah resmi berakhir pada Sabtu (6/08) malam.

Indonesia sukses menjadi juara umum dengan raihan 175 emas, 144 perak, dan 107 perunggu. Tempat kedua diisi oleh Thailand dengan raihan 117 emas, 113 perak, dan 88 perunggu.

"Alhamdulillah lancar, besok kami masih punya PR (pekerjaan rumah) untuk memastikan setiap kontingen kembali ke negaranya masing-masing," ungkap Ketua Indonesia National Paralympic Comittee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka setelah closing ceremony di Stadion Manahan Solo.

INASPOC diberikan target oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk sukses dalam 4 bidang, yakni penyelenggaraan,  prestasi, kebangkitan ekonomi, dan administrasi.

"Yang jelas setelah closing ceremony, jangan sampai ada masalah administrasi. Semunya tertib karena sudah dikawal oleh Kajati dan BPK," katanya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali siap mengaudit total anggaran yang digunakan untuk APG XI, yakni sebesar Rp 250 miliar.

Dirinya menegaskan bahwa laporan akan dibuat secara transparan dan akuntabel untuk membuktikan tidak terjadi penyelewengan serta penyimpangan. 

"Setelah ini dilakukan audit, akan kami umumkan karena ini mengunakan APBN. Kami ingin semua transparan, administrasi, akuntabel, dan tidak terjadi penyelewengan serta penyimpangan, apalagi sampai ada masalah hukum," katanya.

Ajang ASEAN Para Games atau APG 2022 resmi berakhir Sabtu malam. Kendati demikian, masih ada PR yang harus diselesaikan Gibran Rakabuming Raka.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News