Ratusan Anak PAUD di Pekalongan Belajar Membatik, Lihat Keseruannya

Rabu, 14 September 2022 – 02:30 WIB
Ratusan Anak PAUD di Pekalongan Belajar Membatik, Lihat Keseruannya - JPNN.com Jateng
Seratusan siswa pendidikan anak usia dini Kota Pekalongan sedang mengikuti lomba mewarnai pada kain batik di Pekalongan, Selasa (13-9-2022). (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Ratusan siswa PAUD (pendidikan anak usia dini) di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, tampak asyik memberikan warna pada kain batik.

Sebanyak 139 siswa yang berasal dari 69 PAUD itu sedang mengikuti loba nyolet yang diadakan pemkot setempat di Museum Batik Pekalongan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pekalongan Sutarno mengatakan bahwa lomba nyolet ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian memeriahkan peringatan Hari Batik Nasional 2022.

"Nyolet adalah salah satu langkah dalam proses pembuatan batik. Melalui lomba ini, diharapkan generasi pembatik akan terus ada," katanya, Selasa (14/9).

Kepala Museum Batik Pekalongan Ahmad Asror mengatakan lomba nyolet tingkat taman PAUD ini rutin digelar setiap tahun.

"Lomba nyolet ini mulai digelar sejak 2015 hingga sekarang. Tujuan untuk regenerasi pembatik," katanya.

Ada 2 indikator penilaian lomba nyolet ini yaitu kreativitas dan kerapian. Peserta dipersilakan mengkolaborasikan 4 warna yang telah disediakan panitia untuk ditorehkan di atas kain.

Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya berharap bibit perajin batik bisa ditumbuhkan melalui kegiatan lomba ini, terutama karena pembatik tulis sudah banyak yang lanjut usia.

Ratusan anak PAUD di Pekalongan belajar membatik. Cara Pemkot Pekalongan jaga warisan budaya.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News