Lihat, Anak-anak TK di Kudus Dikenalkan Mitigasi Bencana

Selasa, 18 Oktober 2022 – 15:04 WIB
Lihat, Anak-anak TK di Kudus Dikenalkan Mitigasi Bencana - JPNN.com Jateng
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membantu siswa taman kanak-kanak (TK) memakai jaket pelampung dan menaiki perahu karet di gudang penyimpanan peralatan penanganan bencana BPBD Kudus, Selasa (18/10/2022). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Siswa taman kanak-kanak (TK) dikenalkan dengan mitigasi bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, di kantor setempat, Selasa (18/10).

Petugas BPBD menyampaikan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko bencana kepada para siswa.

"Anak-anak juga kami perlihatkan video edukasi terkait bencana banjir dan bencana alam lainnya, termasuk upaya pencegahannya," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kudus Djunaedi.

Dia menyampaikan kepada para siswa bahwa membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan saluran air tersumbat dan kondisi yang demikian bisa menimbulkan banjir.

Selain itu, dia menyampaikan langkah-langkah untuk mencegah kebakaran, seperti berhati-hati saat hendak membakar sampah. Dia juga meminta anak-anak tidak bermain api.

Para siswa juga mendapat kesempatan mempraktikkan cara memadamkan api yang disulut di dalam tong yang terlihat membara.

Secara berkelompok, mereka bekerja sama memegang selang serta pipa semprot untuk menyemprotkan air ke titik api hingga padam dengan panduan dari petugas.

Anak-anak pun mendapat penjelasan mengenai pengoperasian mobil pemadam kebakaran, termasuk mobil pemukul untuk memadamkan api dan penyuplai air ke mobil pemukul.

BPBD Kudus mengenal mitigasi bencana kepada anak-anak TK di Kudus, Jateng. Lihat keseruannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News