Cuaca Ekstrem Bakal Melanda Jawa Tengah Selama 3 Hari, BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologi

Selasa, 01 November 2022 – 18:18 WIB
Cuaca Ekstrem Bakal Melanda Jawa Tengah Selama 3 Hari, BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologi - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah pada awal November 2022.

Peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah dipicu oleh anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia selatan Jawa.

"Selain itu, juga dipengaruhi oleh aktifnya gelombang atmosfer tipe low," kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno, Selasa (1/11).

Sutikno menjelaskan perkiraan cuaca ekstrem tersebut berdasarkan hasil analisis pada dinamika atmosfer.

Menurutnya, pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, tak terkecuali Jawa Tengah juga dipengaruhi oleh kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat.

"Potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang dalam waktu singkat," kata Sutikno menyebut periode 1 sampai 3 November mendatang.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan.

Kemudian masyarakat diminta dapat mengakses informasi yang selalu diberikan oleh BMKG setiap harinya.

Berikut sebaran cuaca ekstrem yang bakal melanda Jawa Tengah selama 3 hari ke depan. BMKG sebut masyarakat harus waspada bencana hidrometeorologi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News