Luhut dan Mahfud MD Ikut Sirami Kaesang Pangarep dengan 7 Mata Air

Jumat, 09 Desember 2022 – 14:25 WIB
Luhut dan Mahfud MD Ikut Sirami Kaesang Pangarep dengan 7 Mata Air - JPNN.com Jateng
Presesi siraman Kaesang Pangarep di Solo, Jumat (9/12/2022). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Prosesi adat siraman Kaesang Pangarep menjelang pernikahannya dengan Erina Gudono telah berjalan lancar, Jumat (9/12).

Air yang digunakan sirama diambil dari 7 sumber mata air, yakni Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor dan Kediaman Solo.

Adapun tokoh yang menyirami Kaesang, yakni Mahfud MD, Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Lestari Priansari Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution, Presiden Jokowi, dan Ibu Iriana.

Sebalum siraman dilakukan acara sungkeman yang diiringi rerepen Dandhang Gulo Tlutur Slendro Miring.

"Alhamdulillah tadi prosesi sungkeman dan siraman sudah berjalan dengan baik lancar," kata Jokowi seusai prosesi siraman.

Jokowi juga meminta doa kepada seluruh masyarakat agar prosesi lanjutan, seperti midodareni, akad nikah, dan tasyukuran berjalan dengan lancar.

"Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya berjalan dengan baik," ujarnya.

Jokowi juga tak lupa mengucapkan permintaan maaf apabila selama pelaksanaan prosesi pernikahan masyarakat di Solo dan Yogyakarta merasa terganggu.

Prosesi adat siraman Kaesang Pangarep menjelang pernikahannya dengan Erina Gudono telah berjalan lancar, Jumat (9/12).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News