MAJT Segera Kirim 2 Delegasi ke Amsterdam, Emban Tugas Mulia

Selasa, 13 Desember 2022 – 09:36 WIB
MAJT Segera Kirim 2 Delegasi ke Amsterdam, Emban Tugas Mulia - JPNN.com Jateng
Tokoh PPME Budi Santoso saat rapat dengan pengurus PP MAJT dipimpin Prof Dr KH Noor Achmad, MA, Senin (12/12/2022). ANTARA/HO-Dok

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) segera memberangkatkan dua delegasinya untuk menjadi imam salat selama Ramadhan 1444 Hijriah, salat rawatib, serta mengisi berbagai pengajian di Masjid Al Ikhlas, Amsterdam, Belanda.

“Hari ini, kami menerima kedatangan tokoh Persatuan Pemuda Muslim se-Eropa (PPME) Budi Santoso membahas misi pemberangkatan delegasi MAJT yang akan menjadi imam salat selama Ramadan 1444 Hijriah,” kata Ketua PP MAJT Profesor Kiai Haji Noor Achmad, Senin (12/12/2022).

Menurut dia, pemberangkatan delegasi itu merupakan bagian dari kerja sama antara PP MAJT dan PPME yang sudah berjalan selama 10 tahun.

Dia mengatakan PPME memberi kepercayaan hanya kepada PP MAJT sebagai bagian kerja sama internasional, mengingat reputasi MAJT yang menjadi pusat rujukan dan pengembangan Islam moderat dunia.

“Sebelum pemberangkatan, MAJT terlebih dulu menyeleksi dan memberikan pendidikan, serta pelatihan terkait tugas yang bakal mereka emban selama berada di Negeri Kincir Angin,” ujarnya.

Para delegasi dibebani tugas MAJT untuk memperkenalkan berbagai kitab karya para ulama nusantara kepada masyarakat Eropa dalam forum pengajian, terutama kepada jamaah Masjid Al-Ikhlas, Amsterdam, yang sebagian besar merupakan umat Muslim Indonesia.

Selama satu bulan penuh, mereka diharapkan bisa menyosialisasikan kitab-kitab tersebut untuk membuka khazanah tentang peran ulama nusantara dalam pengembangan keilmuan Islam yang moderat,

Oleh karena itu, seleksi dan diklat kepada calon imam yang akan ke Amsterdam menjadi penting karena tidak hanya bacaan Alquran yang baik, hafal minimal tujuh juz, memiliki suara yang bagus, menguasai fiqih, serta juga mahir berorasi dan punya daya analogi yang kritis.

MAJT segara mengirimkan dua delegasi ke Amsterdam. Kedua akan mengemban tugas mulai di sana.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News