Puncak Dugderan di MAJT, Sekda Jateng Perankan Tokoh Kanjeng Mas Tumenggung Prawiro Projo

Minggu, 10 Maret 2024 – 06:35 WIB
Puncak Dugderan di MAJT, Sekda Jateng Perankan Tokoh Kanjeng Mas Tumenggung Prawiro Projo - JPNN.com Jateng
Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno menerima Suhuf Halaqah dari Wali Kota Semarang di MAJT. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Puncak acara Dugderan menyambut Ramadan 1445 Hijriah digelar di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada Sabtu (9/3). Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sumarno memerankan tokoh Kanjeng Mas Tumenggung Prawiro Projo.

Mengenakan busana adat bangsawan Jawa, Sumarno menerima Suhuf Halaqah dari Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu yang berperan sebagai Kanjeng Mas Ayu Purbo Diningrum.

Sumarno mengatakan meskipun masyarakat Kota Semarang telah melaksanakan dugderan yang menandai datangnya Ramadan, tetapi pelaksanaan awal puasa tetap menunggu pengumuman dari pemerintah.

Menerima surat keputusan bulan Ramadan, dia mengimbau agar masyarakat tidak berlebihan dalam belanja saat Ramadan, supaya inflasinya tidak tinggi.

Sebab, tingginya konsumsi warga acapkali memicu inflasi. "Kita seringkali belanja berlebihan di bulan Ramadan. Maka kami berharap masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sumarno juga berharap tradisi dugderan terus dilanggengkan, karena banyak nilai-nilai yang bisa dipetik oleh masyarakat.

Meskipun rintik hujan mengiringi prosesi Kirab Dudgeran Kota Semarang. Tradisi menyambut datangnya Ramadan itu tetap berlangsung semarak.

Masyarakat tampak antusias menyambut rombongan kirab dari Balai Kota Semarang menuju Masjid Kauman dan Aloon-aloon Semarang.

Puncak acara Dugderan menyambut Ramadan 1445 Hijriah digelar di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada Sabtu (9/3).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News