Cuaca Ekstrem Jawa Tengah Diprediksi Terjadi Selama 2 Hari, Berikut Sebarannya

Kamis, 05 Januari 2023 – 18:10 WIB
Cuaca Ekstrem Jawa Tengah Diprediksi Terjadi Selama 2 Hari, Berikut Sebarannya - JPNN.com Jateng
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Jawa Tengah. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Cuaca ekstrem di Jawa Tengah diprediksi akan terjadi selama 2 hari ke depan, yakni 6 dan 7 Januari 2023.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengimbau warga mewaspadai kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan adanya potensi bencana berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana tersebut," kata Teguh, Kamis (5/1).

Dia menjelaskan kondisi cuaca ekstrem dipicu oleh beberapa faktor, termasuk aktifnya gelombang atmosfer Kelvin dan Rossby di Jawa yang dapat menimbulkan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

Selain itu, suhu muka laut yang relatif hangat dengan nilai anomali 0,5 derajat Celsius hingga 2,5 derajat Celsius di wilayah Laut Jawa dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air.

"Kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jateng," jelasnya.

Berikut sebaran cuaca ekstem di Jawa Tengah:

Jumat, 6 Januari 2023

BMKG memprediksi cuaca ekstrem di Jawa Tengah bakal berlangsung selama dua hari ke depan. Harap hati-hati!
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News