Ganjar Terus Upayakan Lulusan SMK Terserap Dunia Kerja

Jumat, 03 Februari 2023 – 03:00 WIB
Ganjar Terus Upayakan Lulusan SMK Terserap Dunia Kerja - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Cilacap Job And Education (JED) Fair 2023 di SMKN 1 Cilacap, Kamis (2/2). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjukkan upayanya meningkatkan daya serap tenaga kerja bagi lulusan SMK ke perusahaan.

Ganjar menyebut link and match perlu dilakukan dalam waktu dekat ini, termasuk mempersilahkan perusahaan membuat desain kurikulum sesuai dengan kebutuhan.

"Ke depan industri ini dalam skala yang lebih besar kami harapkan bisa merekrut anak-anak SMK," ujar Ganjar seusai acara Cilacap Job And Education (JED) Fair 2023 di SMKN 1 Cilacap, Kamis (2/2).

Ganjar mengatakan industri menjadi peluang bagi lulusan SMK untuk mendapatkan pekerjaan.

Gubernur Jateng dua periode itu meminta saran dan kritik dari perusahaan atas kekurangan dari hasil pendidikan di SMK.

"Tadi dari perusahaan bilang kekurangan anak-anak SMK kita (adalah) soft skill. Dengan cara ini kita bisa tahu anak-anak SMK kita perlu dibantu," ujarnya.

Ganjar juga mendengar cerita siswa-siswi SMK. Menurutnya, mereka merasa belum bisa bekerja karena tidak ada ruang pengalaman dari syarat yang ada.

"Karenanya, magangnya tidak cukup enam bulan, kalau bisa dua tahun. Itulah kebutuhan industri," tuturnya.

Ganjar Pranowo terus mengupayakan para lulusan SMK di Jawa Tengah terserap dunia kerja.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News