Cegah Stunting, Ganjar Luncurkan Program Kancing Merah di Cilacap

Jumat, 03 Februari 2023 – 18:38 WIB
Cegah Stunting, Ganjar Luncurkan Program Kancing Merah di Cilacap - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meluncurkan program Kancing Merah di Pendopo Kabupaten Cilacap, Kamis (2/2). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, CILACAP - Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah (Kancing Merah) diluncurkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Peluncuran program itu dilakukan di Pendopo Kabupaten Cilacap, Kamis (2/2).

Kancing Merah adalah bagian sistem yang akan bekerja memantau kondisi masyarakat secara detail. Mulai dari kondisi rumah, listrik, ketersediaan air bersih, ibu hamil dan yang beresiko tinggi.

Bersamaan dengan rapat koordinasi percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Cilacap, Ganjar mendorong kabupaten/ kota lain di Jawa Tengah untuk berinovasi dalam penanganan stunting.

"Yang lain, mungkin masih belum ada aplikasi yang bisa menampung itu. Punya Cilacap dipinjem saja, bupatinya juga sudah ikhlas kok," ujar Ganjar.

Dengan cara itu, Ganjar menyebut semua bisa mengetahui detail dan spasial per desa. Termasuk mempermudah cara menginput dan membaca di setiap desa.

"Mudah-mudahan itu akan bisa mempercepat," ujarnya.

Persoalan stunting dan pengentasan kemiskinan ekstrem menjadi prioritas program pada tahun ini.

"Sebenarnya dalam penanganan stunting, pengalaman-pengalaman daerah yang bagus bisa kita ambil untuk kita replikasi," jelasnya.

Ganjar Pranowo meluncurkan program Kancing Merah untuk mencegah stunting di Cilacap.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News