BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Jateng Berpotensi Hingga 19 Februari, Simak!

Jumat, 17 Februari 2023 – 10:16 WIB
BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Jateng Berpotensi Hingga 19 Februari, Simak! - JPNN.com Jateng
Sejumlah petugas relawan saat melakukan evakuasi material longsoran yang menutup akses jalan di Desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Karanganyar, Jateng, Kamis (16/2/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng) pada 17-19 Februari 2023.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan potensi cuaca ekstrem tersebut berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Dari hasil analisis dinamika atmosfer, potensi cuaca ekstrem itu dipengaruhi oleh sejumlah faktor antara lain adanya fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) yang mulai aktif di wilayah Indonesia," katanya, Jumat (17/2).

Menurut dia, potensi cuaca ekstrem itu juga dipengaruhi oleh pola monsun Asia masih dominan, adanya belokan dan konvergensi di wilayah Jateng, serta didukung dengan kelembapan udara yang relatif tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil.

Dia mengatakan kondisi tersebut berpotensi menyebabkan intensifikasi pertumbuhan awan hujan dan potensi cuaca ekstrem yang dapat disertai dengan petir serta angin kencang di Jateng.

Berikut sebaran cuaca ekstrem di Jateng berdasarkan data BMKG Stamet Ahmad Yani Semarang:

Jumat, 17 Februari 2023

Kabupaten Batang, Blora, Boyolali, Demak, Jepara, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kabupaten/Kota Magelang, Kabupaten/Kota Pekalongan, Purworejo, Salatiga, Kabupaten Semarang, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

BMKG menyebut bahwa cuaca ekstrem di Jateng masih berpotensi hingga 19 Februari 2023. Berikut sebarannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News