Bengawan Solo Meluap, 4 Ribu Warga Sukoharjo Mengungsi

Jumat, 17 Februari 2023 – 13:20 WIB
Bengawan Solo Meluap, 4 Ribu Warga Sukoharjo Mengungsi - JPNN.com Jateng
Banjir di Kelurahan Joyontakan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo yang bersebelahan dengan Kabupaten Sukoharjo, Jumat (17/2/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SUKOHARJO - Sekitar 4.000 warga di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mengungsi akibat meluapnya Sungai Bengawan Solo sejak Kamis (16/2) sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukoharjo Ariyanto Mulyatmojo mengatakan hingga saat ini ketinggian air belum surut. Titik dengan genangan air paling tinggi mencapai 2 meter.

"Sementara belum surut, kami evakuasi," katanya, Jumat (17/2).

Ariyanto mengatakan akibat permukaan Sungai Bengawan Solo tinggi, aliran air dari anak sungai yang seharusnya masuk ke Bengawan Solo tidak bisa.

"Jadi mencari daerah yang lebih rendah," katanya.

Beberapa daerah di Kabupaten Sukoharjo yang hingga saat ini masih tergenang air diantaranya Desa Kwarasan, Desa Gadingan, Desa Kadokan, Tegalmade, dan Madegondo.

Dia mengatakan jumlah warga yang mengungsi diperkirakan masih akan bertambah mengingat banjir hingga saat ini air belum surut.

"Ketinggian masih sama, belum surut, malah cenderung naik. Ada yang dua meter lebih. Pengungsi berpotensi nambah terus, ini masih proses evakuasi," katanya.

Ribuan warga Sukoharjo mengungsi akibat melupnya sungai bengawan Solo. Satu dusun terisolir.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News