Ribuan Warga di Blora Terima Sertifikat Tanah dari Jokowi

Jumat, 10 Maret 2023 – 23:25 WIB
Ribuan Warga di Blora Terima Sertifikat Tanah dari Jokowi - JPNN.com Jateng
Penyerahan sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo di Desa Gabusan, Kabupaten Blora. FOTO: Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

jateng.jpnn.com, BLORA - Warga Desa Gabusan, Kabupaten Blora kini bisa tersenyum ceria. Mereka merupakan warga dan kelompok tani penerima sertifikat tanah dari surat keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

SK tersebut diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (10/3).

Jokowi dalam sambutannya mengaku senang karena konflik tanah yang terjadi di Blora sejak 1947, bisa diselesaikan pada tahun ini. Bahkan dari total 1.160 penerima, 1.043 di antaranya sudah menerima sertifikat.

"Hari ini ternyata masalahnya bisa diselesaikan, disyukuri ngoten lho mpun rampung (begitu sudah selesai, red)," ujar Jokowi.

Sertifikat tersebut adalah Hak Guna Bangunan (HGB) di atas HPL milik Pemda. Jokowi menyebut, sertifikat ini berlaku 30 tahun dan bisa diperpanjang hingga 20 tahun dan diperbaharui 30 tahun lagi.

"Untuk yang hutan sosial, sudah semuanya. Saya hanya titip panjenengan sudah diberi SK-nya, tolong betul-betul tanahnya dibuat produktif jangan ditelantarkan," ujarnya.

Jokowi berharap para penerima bisa segera memanfaatkan lahan dengan baik. Selain itu, konflik pertahanan sekitar hutan di Wonorejo, Cepu juga diselesaikan.

"Bisa ditanami Jagung dan Jati, Jagung dan Mahoni, didiskusikan saja supaya semuanya bisa berjalan beriringan,” tuturnya.

Sertifikat tanah kepada ribuan warga di Blora, Jawa Tengah, langsung diberikan oleh Presiden Jokowi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News