Gibran Bicara Soal Nasib Renovasi Stadion Manahan Seusai Piala Dunia U-20 Batal

Kamis, 30 Maret 2023 – 21:55 WIB
Gibran Bicara Soal Nasib Renovasi Stadion Manahan Seusai Piala Dunia U-20 Batal - JPNN.com Jateng
Stadion Manahan Solo. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka buka suara soal proses renovasi Stadion Manahan Solo setelah Piala Dunia U-20 batal diselenggarakan di Indonesia.

Gibran menyebut renovasi Stadion Manahan tetap berjalan sesuai dengan kontrak.

"Apa yang sudah ada di dalam kontrak diselesaikan," katanya, Kamis (30/3).

Dia menyebutkan anggaran renovasi Stadion Manahan harus direalisasikan seluruhnya.

"Bukan berarti di-cancel (dibatalkan) terus pekerjaan berhenti. Stadion bisa dipakai Persis Solo atau event (ajang) selanjutnya," jelasnya.

Lebih lanjut, renovasi Stadion Manahan selama ini tidak hanya menggunakan APBN tetapi juga APBD. Bahkan, Gibran mengatakan harus melakukan penggeseran anggaran untuk persiapan Piala Dunia U-20.

"Kami juga sampai melakukan penggeseran anggaran untuk support (mendukung) acara ini karena komitmen yang sudah saya tanda tangani. Kalau harus menggeser anggaran, tambah anggaran saya rasa enggak masalah," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Surakarta Nur Basuki mengatakan sudah melakukan sejumlah penataan di sekitar Stadion Manahan dengan memanfaatkan APBD, baik dari APBD Tahun 2022 maupun APBD Tahun 2023.

"Total Rp 2 miliar untuk jalan dan pedestarian (pada tahun ini, Red.)," katanya.

Sedangkan pada tahun lalu menggunakan APBD sebesar Rp 20 miliar, di antaranya untuk pengaspalan sisi utara stadion dan pelebaran jalan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta Rini Kusumandari mengatakan saat ini perkembangan renovasi Stadion Manahan sudah mencapai 90 persen.

"Tinggal menunggu penyulaman rumput, alatnya belum datang. Hari ini pengaspalan di jogging track. Untuk renovasi menyelesaikan sesuai kontrak. Progres lain merapikan kawasan tetap jalan," katanya. (antara/jpnn)

Gibran Rakabuming Raka buka suara soal nasib renovasi Stadion Manahan Solo seusai Piala Dunia U-20 batal, tetap atau dihentikan?

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News