Tahap Ketiga Pembangunan Rel Layang Kereta Api Joglo Dimulai

Rabu, 03 Mei 2023 – 20:04 WIB
Tahap Ketiga Pembangunan Rel Layang Kereta Api Joglo Dimulai - JPNN.com Jateng
Kawasan Simpang 7 Joglo, Rabu (3/05/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Pekerjaan tahap ketiga pembangunan Rel Layang Joglo atau Single Elevated Railway Jalur Ganda Kereta Api Fase 1 Semarang-Solo kembali dilanjutkan. Dalam waktu dekat, kontruksi rangka baja rel layang di sisi utara segera dikerjakan.

Site Manager PT WIKA BKU-KSO Dendy Purbowo mengatakan pekerjaan saat ini telah mencapai 68 persen hingga pekerjaan tahap ketiganya selesai.

Sementara itu, untuk pekerjaan tahap ketiga akan memasang kontruksi rangka jembatan di sisi selatan dan utara.

Kedua jembatan itu akan disambungkan, dengan bentang jembatan sepanjang 270 meter di atas Simpang Joglo.

"Saat ini sudah sampai tahap tiga dengan capaian 68 persen secara keseluruhan. Pekerjaan 3.1 erection jembatan di selatan sudah dilakukan, selanjutnya kita mulai pekerjaan 3.2 erection jembatan di sisi utaranya (Jalan Solo-Purwodadi)," katanya, Rabu (3/5).

Proses pekerjaan di tahap 3.2 itu diperkirakan selesai dalam waktu tiga bulan, dimulai pengerjaannya hari ini. Kemudian, jika keseluruhan proses itu selesai, akan dilakukan tahap 3.3, yakni berupa pemasangan bentang jembatan sepanjang 270 meter tersebut. 

"Target penyelesaiannya di Oktober dan sudah bisa digunakan untuk kereta melintas," jelas Dendy.

Lebih lanjut, Dendy menjelaskan bahwa yang perlu diperhatikan adalah beban pekerjaan yang akan dikerjakan pada tahap 3.2 dan 3.3. Pasalnya pekerjaan tersebut akan menerapkan penutupan total di akses Simpang Joglo.

Pekerjaan tahap ketiga pembangunan Rel Layang Joglo atau Single Elevated Railway Jalur Ganda Kereta Api Fase 1 Semarang-Solo kembali dilanjutkan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News