Wow, Pemkab Batang Alokasikan Anggaran Pendidikan Rp 594 Miliar

Rabu, 03 Mei 2023 – 20:07 WIB
Wow, Pemkab Batang Alokasikan Anggaran Pendidikan Rp 594 Miliar - JPNN.com Jateng
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan pada acara peringatakan Hardiknas, Selasa (2/5/2023). (ANTARA/HO-Humas Kabupaten Batang)

jateng.jpnn.com, BATANG - Pemkab Batang, Jawa Tengah, mengalokasikan anggaran program pendidikan Rp 594 miliar atau 33 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 sebesar Rp 1,8 triliun.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan bahwa alokasi dana pendidikan memang lebih ditingkatkan dari tahun sebelumnya agar masyarakat mendapatkan hal-hal pendidikan dasar yang bisa berdampak terjadinya peningkatan indeks pembangunan nasional.

"Keberpihakan APBD memang untuk sektor pendidikan guna memacu peningkatan indeks pembangunan nasional (IPM). Oleh karena, anggaran program pendidikan kami naikkan," katanya, Rabu (3/5).

Menurut dia, beberapa program kurikulum pendidikan dari pemerintah pusat telah dilaksanakan, seperti pendidikan mengajar dan merdeka belajar.

Merdeka belajar, kata dia, merupakan program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk memberikan kebebasan pada setiap peserta didik menentukan jenjang, jalur dan program pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi masing-masing.

"Hal itu, diharapkan dapat memudahkan proses belajar mengajar dari guru ke siswa. Siswa menerima pembelajaran dari guru dengan menggunakan informasi teknologi untuk memudahkan proses belajar mengajar," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batang Bambang Suryantoro mengatakan saat ini pihaknya memiliki 87 guru penggerak dari jumlah keseluruhan enam ribu orang.

"Kami berharap semua guru bisa menjadi guru penggerak untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka Belajar. Kami juga berharap perlu adanya dukungan dari pemerintah agar Kurikulum Merdeka Belajar bisa sukses," katanya.(antara/jpnn)

Pemkab Batang mengalokasikan anggaran program pendidikan Rp 594 miliar atau 33 persen dari total APBD 2023 sebesar Rp 1,8 triliun.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News