Cuaca Ekstrem Musim Kemarau, Petani Perikanan Budidaya Cilacap Siap-Siap!

Senin, 12 Juni 2023 – 16:03 WIB
Cuaca Ekstrem Musim Kemarau, Petani Perikanan Budidaya Cilacap Siap-Siap! - JPNN.com Jateng
Arsip foto - Petani memanen ikan sidat yang dibudidayakan Koperasi Mina Sidat Bersatu di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Kamis (24/12/2021). ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, CILACAP - Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengimbau petani perikanan budidaya mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada musim kemarau 2023 yang dibarengi dengan fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD).

Berdasarkan prakiraan BMKG, fenomena El Nino dan IOD dapat mengakibatkan musim kemarau menjadi lebih panjang dan lebih kering.

"Dampaknya perlu diwaspadai dan diantisipasi oleh petani perikanan budidaya," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Indarto, Senin (12/6).

Secara umum dari sisi teknis nonperikanan, kata dia, langkah antisipasi yang perlu dipersiapkan oleh petani di antaranya menyiapkan sumber-sumber air seperti air permukaan atau sungai yang masih bisa dimanfaatkan untuk mengairi kolam selama musim kemarau dengan cara pompanisasi.

Sementara dari sisi teknis perikanan, lanjut dia, berupa cara budi daya yang disesuaikan dengan kondisi air yang sedikit atau minim.

"Contohnya, untuk budidaya ikan gurami menggunakan pakan dengan protein yang lebih rendah. Prinsipnya untuk mengurangi potensi penurunan kualitas air akibat adanya penumpukan bahan biologi," ujarnya.

Dia mengatakan jika kondisi atau kualitas airnya tidak bagus dapat memunculkan penyakit yang bisa menyebabkan kematian ikan.

Oleh karena itu, dia mengimbau petani dapat mempertahankan kualitas air dalam kondisi bagus agar tidak memunculkan penyakit pada ikan.

Pemkab Cilacap mengimbau petani perikanan budidaya mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada musim kemarau 2023 yang dibarengi dengan fenomena El Nino.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News