Cara Unik Perajin Rotan Sukoharjo Kenalkan Produknya, Lihat

Kamis, 15 Juni 2023 – 03:00 WIB
Cara Unik Perajin Rotan Sukoharjo Kenalkan Produknya, Lihat - JPNN.com Jateng
Warga membawa berbagai produk berbahan baku rotan pada Grebeg Penjalin di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (14/6/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SUKOHARJO - Ratusan perajin di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah berupaya mengenalkan produk melalui acara Grebeg Penjalin yang dimulai sejak Minggu (11/6).

Ketua panitia Grebeg Penjalin Slamet Samsuri mengatakan Grebeg Penjalin akan dilaksanakan selama delapan hari.

"Tujuan diadakan Grebeg Penjalin untuk menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat agar gemar pakai produk lokal, termasuk produk dari Trangsan," katanya, Rabu (14/6).

Selain itu, dikatakannya, perajin ingin mengenalkan lebih dekat terkait Desa Wisata Trangsan dari sisi produk inovasi.

Dia mengatakan hingga saat ini ada sebanyak 428 perajin rotan di desa tersebut.

Dari total tersebut, ada sebagian yang skalanya produksi rumahan, sedangkan sebagian lagi sudah mampu melakukan ekspor secara mandiri.

"Karena kami terus berinovasi untuk memperluas pasar lokal dan mancanegara," katanya.

Seorang perajin rotan Ramadani mengatakan acara tersebut bisa menjadi ajang baginya untuk mengenalkan produk buatannya ke calon pembeli.

"Ini sebagai ajang promosi bagi kami, untuk mengenalkan produk kami ke mereka (calon pembeli, Red.). Sebelumnya hanya lihat lewat gambar, ini bisa ke sini, lihat bentuk secara nyata. Jadi Grebeg Penjalin sangat membantu pemasaran kami," katanya.

Meski dari sisi pemasaran sudah terfasilitasi, dikatakannya, produsen terkadang masih kerepotan saat mengirimkan barang ke pembeli.

"Kendala lebih ke logistik, kerajinan rotan kan barangnya besar-besar. Sedangkan pengiriman ke luar Pulau Jawa hitungannya kan volume. Jadi kadang ongkos kirim lebih tinggi 2-3 kali lipat dari harga barang. Itu juga yang kadang membuat orang ragu untuk membeli," katanya.(antara/jpnn)

Perajin rotan di Sukoharjo, Jawa Tengah, memilki cara unik untuk mengenalkan produk buatannya kepada calon pembeli. Lihat saja.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia