Mahasiswa Undip Semarang Tewas saat Mendaki Gunung Lawu

Senin, 26 Juni 2023 – 11:58 WIB
Mahasiswa Undip Semarang Tewas saat Mendaki Gunung Lawu - JPNN.com Jateng
Petugas sedang mengevakuasi mahasiswi Universitas Diponegoro di Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/6/2023) malam. ANTARA/HO-SAR Kabupaten Karanganyar

jateng.jpnn.com, KARANGANYAR - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bernama Anindita Syafa Nabila Rizky ditemukan tewas di Pos 4 Gupakan Menjangan jalur pendakian cetho Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (25/6) siang.

Komandan Markas SAR Karanganyar Arif Sukro Yunianto mengatakan penyebab kematian Anindita diduga karena hipotermia (kedinginan).

Selain itu, lanjut dia, sempat ada klarifikasi dari pihak keluarga bahwa yang bersangkutan memiliki penyakit asam lambung.

"Saat itu pas kumat dan ditambah hipotermia. Jadi penting untuk cek dulu apakah anggota dalam kondisi sehat atau tidak," katanya, Senin (26/6).

Arif mengatakan kronologi kejadian itu berawal saat pos pendakian Jalur Cetho menerima informasi adanya survivor yang tidak sadarkan diri di Pos 4 Gupakan Menjangan.

"Setelah mendapatkan informasi itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) dari relawan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan kondisi survivor," jelansya.

Kemudian, kata dia, sekitar pukul 13.00 WIB, Tim TRC mengabarkan bahwa kondisi survivor tidak tertolong dan langsung melakukan evakuasi.

"Saat ditemukan, mulut korban mengeluarkan busa," tuturnya.

Kasus meninggalnya mahasiswi Undip tersebut, menurut dia, sudah beberapa kali terjadi. "Ini sudah sering terjadi di beberapa gunung, termasuk Gunung Lawu," katanya.

Atas kejadian tersebut, dia mengimbau bagi para pendaki pemula harus memahami medan gunung sebelum mendaki.

"Paling tidak baca riwayat gunung, medan, dan cerita gunung tersebut, dari referensi teman, guna meminimalisasi risiko di tengah jalan" katanya.

Seorang mahasiswa Undip Semarang ditemukan meninggal dunia di Pos 4 Gupakan Menjangan jalur pendakian cetho Gunung Lawu.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News