Pemilu 2024, Kades dan Perangkat Desa di Batang Harus Netral

Rabu, 12 Juli 2023 – 13:46 WIB
Pemilu 2024, Kades dan Perangkat Desa di Batang Harus Netral - JPNN.com Jateng
Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata (kiri) dan Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Batang Mahbrur (kanan). ANTARA/Kutnadi.

jateng.jpnn.com, BATANG - Kepala desa dan perangkat desa bisa menjaga sikap netralitas pada pelaksanaan Pemilu 2024 agar pesta demokrasi rakyat ini berlangsung aman, tertib, dan lancar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata.

Menurutnya, sikap netralitas kades dan perangkat desa patut dijaga karena mereka memiliki pengaruh di tingkat desa.

"Oleh karena itu, saya berpesan para kepala desa tidak masuk ke wilayah politik praktis. Kades memiliki jabatan tertinggi di pemerintahan desa yang posisinya harus netral dan independen," katanya, Rabu (12/7).

Demikian juga, kepada perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPDRI) harus memosisikan sikap netral karena mereka sebagai pelayan masyarakat.

"Kami wanti-wanti (mengingatkan, red.) Ketua PPDRI harus bisa membawa anggotanya untuk tidak ikut politik, apalagi langsung terjun dalam politik praktis," katanya.

Agung Wisnu Barata mengingatkan masyarakat harus memiliki sifat jujur yaitu menghindari sebagai pemilih transaksional dalam penentuan pemilu.

"Pilihlah calon pemimpin yang visioner menjadi bahan renungan untuk dipilih. Demikian pula, kandidat calon anggota legislatif harus menunjukkan contoh-contoh yang baik, tidak mengajak masyarakat ke hal yang negatif," katanya.

Kades dan Perangkat Desa di Batang diingatkan untuk tetap netral pada Pemilu 2024.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News