Nana Sudjana Meminta Semua Kepala Daerah di Jateng Bergerak Cegah Kebakaran Selama Kemarau

Sabtu, 09 September 2023 – 11:49 WIB
Nana Sudjana Meminta Semua Kepala Daerah di Jateng Bergerak Cegah Kebakaran Selama Kemarau - JPNN.com Jateng
Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman kebakaran yang melanda TPA Jatibarang Semarang, Jumat (5/10/2023). ANTARA/I.C. Senjaya

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Musim kemarau yang diprediksi berlangsung lebih lama akibat fenomena El Nino memantik terjadinya kebakaran di berbagai daerah di Jawa Tengah.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pun meminta para kepala daerah di provinsi itu berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran saat kemarau panjang.

"Bupati dan wali kota harus menyiapkan, dan kesiapsiagaan dari berbagai kejadian kebakaran bisa diatasi," katanya di Semarang, Jumat (8/9).

Tak hanya itu, Nana juga memgatakab BPBD diharapkan mampu mengkoordinasikan dinas terkait dalam penanganan kebakaran dana kekeringan di Jawa Tengah.

Menurut dia, adanya perubahan iklim yanh saat ini berdampak pada kemarau panjang ini membuat masyarakat kesulitan air bersih.

"Tinggal kami antisipasi bantuan ke masyarakat saat tidak ada air," ungkapnya.

Adapun, peristiwa kebakaran yang menonjol di Jateng adalah terjadinya kebakaran Lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo pada pekan lalu.

Para sukarelawan dari unsur TNI, Polri, BPBD, Perhutani, dan masyarakat berupaya memadamkan kebakaran dengan bergotong royong.

Dia mengatakan Pemprov Jateng harus mengajukan bantuan helikopter pemadam kebakaran ke BNPB guna mempercepat penanganan kebakaran di Lereng Gunung Sumbing. (jpnn)

Nana Sudjana meminta para kepala daerah di provinsi itu berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran saat kemarau panjang.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News