Sambaran Petir di Jateng Meningkat, BMKG Minta Warga di Wilayah Ini Harus Waspada

Senin, 06 November 2023 – 18:40 WIB
Sambaran Petir di Jateng Meningkat, BMKG Minta Warga di Wilayah Ini Harus Waspada - JPNN.com Jateng
Peta kejadian sambaran petir di wilayah Jawa Tengah pada bulan Oktober 2023. ANTARA/HO-BMKG

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika (Stageof) Banjarnegara mengimbau warga Jawa Tengah untuk mewaspadai peningkatan sambaran petir saat pancaroba hingga musim hujan.

"Saat sekarang sedang pancaroba, peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan, tentunya ditandai dengan aktivitas-aktivitas petir," kata Kepala Stageof Banjarnegara Hery Susanto Wibowo, Senin (6/11).

Berdasarkan pengamatan Stageof Banjarnegara, peningkatan sambaran petir di Jateng mulai terjadi pada pekan pertama Oktober 2023.

Peningkatan tersebut, khususnya terjadi di wilayah pegunungan tengah Jateng karena aktivitasnya masuk kategori sedang hingga sangat tinggi.

Hingga akhir Oktober, kata dia, wilayah yang sambaran petirnya masuk kategori sangat tinggi bertambah luas karena tidak hanya terjadi di pegunungan tengah, juga sebagian Jateng selatan dan sebagian pantura barat Jateng.

Dia memprakirakan, puncak sambaran petir saat pancaroba di Jawa Tengah terjadi sekitar November hingga Desember 2023.

"Untuk periode November dan Desember 2023, frekuensi kejadian petir di Jawa Tengah meningkat. Hal ini karena adanya peralihan musim," kata dia menegaskan.

Pada fase peralihan musim ini, kata dia, cukup banyak terbentuk awan Cumolonimbus (Cb) yang juga disertai petir dan angin kencang.

Aktivitas sambaran petir di Jateng meningkat pada pekan pertama November 2023. BMKG menyebut sejumlah daerah yang harus waspada.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News