Dorong Gerakan Tanam di Pekarangan, Pemprov Jateng Sediakan 3 Ribu Benih Cabai Gratis

Selasa, 14 November 2023 – 05:21 WIB
Dorong Gerakan Tanam di Pekarangan, Pemprov Jateng Sediakan 3 Ribu Benih Cabai Gratis - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong masyarakat agar melakukan penanaman tanaman pangan di pekarangan rumah masing-masing.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan hal itu sebagai salah satu upaya mengatasi melonjaknya harga bahan pokok.

"Hampir di setiap rumah itu memiliki halaman (pekarangan). Halaman rumah ini saya rasa perlu dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk bisa bercocok tanam," katanya seusai rapat koordinasi pengendalian inflasi di Kantornya Jawa Tengah, Senin (13/11).

Nana menjelaskan gejolak harga sejumlah komoditas pangan saat ini masih terjadi.

Setidaknya ada lima bahan pokok yang harganya masih tinggi di antaranya beras medium, beras premium, cabai rawit, cabai merah, dan gula.

Lima komoditas ini menjadi perhatian Pemprov Jateng untuk distabilkan harganya dengan operasi pasar, gerakan pasar murah, dan menanam di pekarangan rumah.

Guna mendukung gerakan menanam di pekarangan rumah itu, Pemprov Jateng menyiapkan benih cabai untuk diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Penyaluran benih cabai itu dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, bersama instansi terkait lainnya seperti Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah.

Pemprov Jateng sediakan 3 ribu benih cabai gratis untuk mendorong gerakan tanam di Pekarangan untuk menyikapi harga kebutuhan pokok yang melonjak.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News