3 Hari ke Depan, Jawa Tengah Diprediksi Dilanda Cuaca Ekstrem, BMKG Beri Pesan Penting

Sabtu, 25 November 2023 – 16:03 WIB
3 Hari ke Depan, Jawa Tengah Diprediksi Dilanda Cuaca Ekstrem, BMKG Beri Pesan Penting - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah selama tiga hari. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prospek cuaca ekstrem akan melanda Jawa Tengah selama tiga hari ke depan.

Ancaman bencana hidrometeorologi yang diprediksi terjadi sejak Sabtu (25/11) hingga Senin (27/11) dipengaruhi oleh dinamika atmosfer.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengatakan dinamika atmosfer membuat hangat suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah (Laut Jawa).

Termasuk mempengaruhi kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan permukaan hingga lapisan 500mb dan labilitas kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah.

"Kondisi itu menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah," kata Yoga, Sabtu (25/11).

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

"Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," katanya.

Berikut prediksi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Tengah selama periode 25 - 27 November 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prospek cuaca ekstrem akan melanda Jawa Tengah selama tiga hari ke depan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News