Solo Ditunjuk jadi Tuan Rumah AFF U-16, Dispora Tak Punya Anggaran

Jumat, 24 Mei 2024 – 18:55 WIB
Solo Ditunjuk jadi Tuan Rumah AFF U-16, Dispora Tak Punya Anggaran - JPNN.com Jateng
Stadion Manahan Solo akan dijadikan venue Piala AFF U-16. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta tak memiliki anggaran untuk gelaran Piala AFF U-16 yabg akan diselenggarakan pada 21Juni-4 Juli 2024. Keputusan sepenuhnya berada di tangan PSSI.

Kepala Dispora Surakarta Rini Kusumandari mengungkapkan bahwa pihaknya belum melakukan persiapan apa pun untuk menyambut ajang Piala AFF U-16.

Dia mengaku tidak ada alokasi anggaran APBD untuk menggelar turnamen sepak bola se-Asia Tenggara itu. 

Namun demikian, Rini menyebut bahwa permasalahan itu telah dikomunikasikan dengan bersurat ke PSSI.

"Untuk AFF memang belum ada anggarannya. Sudah, sudah koordinasi dan bersurat dengan PSSI. Tinggal kami tunggu saja apa nanti tindaklanjutnya dari PSSI seperti apa. Harapannya bisa ada dukungan anggaran dari pusat," tutur dia. 

Menurut Rini, anggaran untuk penyelenggaraan Piala AFF U-16 berbeda dengan Piala Dunia (Pildun) U-17. Dia memprediksi anggarannya tidak terlalu besar dan aturan main ketika event berlangsung juga tidak terlalu ketat. 

"Informasi sementara tidak seketat Pildun, karena ini level Asia dan U-16. Jadi dari timnya tidak sedetail Pildun. Kami sudah ketemu timnya, kalau sedetail Pildun, kami anggarannya tidak ada," jelasnya.

Bila tidak ada perubahan, maka stadion yang akan digunakan adalah Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, dan Stadion UNS. Sementara untuk latihan ada Stadion Kota Barat, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Madya Sriwaru.

Sementara itu, terkait kesiapan sarana dan prasarana, Kota Solo sudah cukup siap. Sebab, lapangan dipelihara secara rutin. Terlebih jadwal Piala AFF U-16 nanti tidak berbenturan dengan kompetisi Liga 1 musim depan.

Perwakilan AFF pun dijadwalkan datang untuk pengecekan venue di Solo pada 28-29 Mei 2024

"Agendanya visit venue, dan membicarakan apa saja kewajiban tuan rumah," pungkas Rini. (mcr21/jpnn)

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo tak memiliki anggaran untuk gelaran Piala AFF U-16.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News