Gibran Senang, Anthem Persis Solo Sudah Resmi Ada Hak Ciptanya

Kamis, 21 Juli 2022 – 12:05 WIB
Gibran Senang, Anthem Persis Solo Sudah Resmi Ada Hak Ciptanya - JPNN.com Jateng
Vokalis band The Working Class Symphony, Hendra Gunawan saat menerima hak cipta lagu Satu Jiwa dari Menkumham Yasonna, Rabu (21/07/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Vokalis band The Working Class Symphony Hendra Gunawan alias Zoel diberikan hak cipta lagu 'Satu Jiwa' oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Surat pencatatan itu diserahkan langsung oleh Menkumham, Yasonna H. Laoly saat menggelar kegiatan roadshow bertajuk “Yasonna Mendengar” kedua di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta, Rabu (20/07) malam.

Seperti diketahui, lagu Satu Jiwa merupakan anthem Persis Solo. Lagu tersebut selalu dinyanyikan oleh suporter Persis di stadion tatkala tim Laskar Sambernyawa berlaga.

Yasonna mengungkapkan suporter Persis Solo tidak perlu lagi khawatir lagunya ditiru atau diambil tanpa izin setelah tercatatnya hak cipta lagu ‘Satu Jiwa’ di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

"Tentunya dapat menjadi salah satu alat bukti saat terjadi pelanggaran,” katanya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumig Raka mengaku senang dan mengapresiasi bantuan yang telah dilakukan oleh Kemenkumham pada hak cipta Satu Jiwa mengingat proses permohonan hak cipta lagu tersebut sudah dilakukan sejak lama.

"Sudah dibantu Menteri Yasonna. Itu sudah bertahun-tahun, nguruse rak rampung-rampung (mengurusnya tidak selesai-selesai)," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Yasonna juga memberikan empat surat pencatatan hak cipta ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Jawa Tengah atas nama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora).

Hak cipta anthem Persis Solo telah resmi milik vokalis band The Working Class Symphony Hendra Gunawan alias Zoel. Gibran pun senang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News