Indonesia Vs Vietnam: Shin Tae-yong Ingatkan Soal Ini, Park Hang-seo Siap-siap Saja

Kamis, 05 Januari 2023 – 21:44 WIB
Indonesia Vs Vietnam: Shin Tae-yong Ingatkan Soal Ini, Park Hang-seo Siap-siap Saja - JPNN.com Jateng
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Foto : Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga semifinal leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Bung Karno, Jumat (6/1).

Pada laga kali ini, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengingatkan lawannya, Vietnam, bahwa kualitas skuad Garuda Nusantara saat ini lebih baik dari sebelumnya.

"Kami memang pernah kalah melawan Vietnam sebelumnya. Akan tetapi, waktu itu persiapan sangat pendek. Sekarang, sudah cukup waktu mempersiapkan tim yang lebih baik," ujarnya, Kamis (5/1).

Shin Tae-yong tercatat belum pernah menang atas Vietnam di level senior maupun U-23.

"Waktu itu masih ada pandemi Covid-19, sekarang, kan, tidak lagi. Indonesia sudah menggulirkan kompetisi, jadi saya bisa memilih pemain. Masa lalu adalah masa lalu," tutur Shin.

Satu-satunya kemenangan Shin atas terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana Indonesia menang 3-2.

Namun, saat itu timnas U-20 Vietnam tidak ditangani Park Hang-seo, pelatih timnas senior yang sempat menjadi juru taktik U-23, tetapi Dinh The Nam.

Shin tetap menganggap Vietnam tim yang bagus dan sulit dikalahkan. "Organisasi dan pertahanan skuad asuhan Park Hang-seo dinilainya sangat baik," jelasnya.

Pandangan serupa juga diutarakan gelandang timnas Indonesia Marselino Ferdinan.

Marselino tidak ingin perhatiannya cuma fokus pada kekuatan lawan.

"Kami fokus ke tim sendiri, bekerja keras untuk mengambil tiga poin di laga awal semifinal ini," kata pesepak bola berusia 18 tahun itu.

Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia dan Vietnam sudah 25 kali bertanding sejak tahun 1991. Selama itu, Indonesia menang delapan kali, kalah tujuh kali dan sisa laga lain tuntas dengan hasil imbang.

Setidak-tidaknya dalam enam tahun terakhir, Indonesia selalu kesulitan saat menghadapi Vietnam. Sejak 7 Desember 2016, Indonesia dua kali imbang dan dua kali takluk saat bersua Vietnam.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong pun belum pernah menang atas Vietnam asuhan rekan senegaranya, Park Hang-seo. (antara/jpnn)

Shin Tae-yong mengingatkan lawannya, Vietnam, bahwa kualitas skuad Garuda Nusantara saat ini lebih baik dari sebelumnya.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News