Nasib Liga 2 Tak Tentu, PSSI Beri Keputasan, Oh Ternyata

Kamis, 12 Januari 2023 – 22:07 WIB
Nasib Liga 2 Tak Tentu, PSSI Beri Keputasan, Oh Ternyata - JPNN.com Jateng
Ilustrasi rangkaian jadwal lanjutan pertandingan Liga 2 Indonesia. (ANTARA/Gilang Galiartha)

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Nasib pertandingan Liga 2 2022/2023 belum juga terlaksana seusai dihentikan karena adanya Tragedi Kanjuruhan Malang pada awal Oktober 2022.

PSSI sebagai federasi sepak bola tertinggi di Indonesia pun memberikan keputusan jika Liga 2 dihentikan pelaksanaannya dan Liga 1 2022-2023 akan tetap berjalan tetapi tanpa degradasi.

Melansir laman resmi PSSI, keputusan itu diambil dalam rapat Komite Eksekutif PSSI yang digelar di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Kamis (12/1).

PSSI menguraikan, ada tiga hal yang melatarbelakangi keputusan tersebut yaitu, pertama, ada permintaan dari sebagian besar klub Liga 2 musim ini yang mau kompetisi tidak dilanjutkan.

Menurut PSSI, tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator.

Pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 pun dianggap sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

Kerdua, PSSI menyatakan jika terdapat rekomendasi dari Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia setelah Tragedi Kanjuruhan yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana di Liga 2 belum memenuhi syarat.

Terakhir, Peraturan Polri Nomor 10 Tahun 2022 yang mengamanatkan proses perizinan baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan.

PSSI menyatakan bahwa Liga 2 Indonesia musim 2022/2023 dihentikan pelaksanaannya dan Liga 1 akan tetap berjalan tetapi tanpa degradasi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News