Percepat Transparansi PSSI, Erick Thohir Bentuk Dua Satgas Khusus

Sabtu, 29 April 2023 – 02:00 WIB
Percepat Transparansi PSSI, Erick Thohir Bentuk Dua Satgas Khusus - JPNN.com Jateng
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjawab pertanyaan pewarta di GBK Arena, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan mempercepat transparansi organisasi yang dipimpinnya tersebut dengan membentuk dua satuan tugas (satgas) khusus.

Dibentuknya dua satgas tersebut tidak lepas dari upaya Erick untuk membersihkan label citra buruk dan kotor yang kerap ditujukan kepada PSSI.

Kedua satgas tersebut nantinya akan memberantas pengaturan skor, serta pengawasan keuangan.

"Bapak Presiden mendukung penuh untuk pembentukan satgas untuk memberantas pengaturan skor. Saya nanti akan bertahap mencari figur-figur yang independen dari publik untuk bisa mengawal pemberantasan pengaturan skor ini," kata Erick pada konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Jumat sore.

Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi sudah meminta kepadanya untuk berkoordinasi dengan Kapolri dan Kejaksaan Agung untuk bisa mengawal tahun ini.

Sedangkan untuk satgas pengawasan keuangan akan bekerja mendampingi firma Ernst & Young yang saat ini sedang menjajaki proses audit keuangan di PSSI.

"Langkah untuk membentuk kedua satgas tersebut mendapat dukungan penuh dari para anggota Komite Eksekutif. Dukungan itu diberikan Komite Eksekutif karena mereka pun sangat menginginkan lingkungan sepak bola yang bersih dari masalah," ungkapnya.

Kedua satgas itu nantinya akan diisi oleh beberapa anggota Komite Eksekutif serta sosok-sosok independen.

"Mereka akan mengumpulkan data dan melakukan berbagai kajian, baik dalam urusan pengaturan skor yang mungkin melibatkan wasit, serta kelengkapan laporan keuangan PSSI," jelasnya.

Menteri BUMN itu belum memberi keterangan mendetail mengenai susunan keanggotaan kedua satgas tersebut. Namun dia menyatakan bahwa akan memasukkan mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana, ke dalam satgas pengawasan keuangan PSSI.

Erick juga membantah asumsi bahwa dukungan dari pemerintah sebagai bentuk intervensi, karena menurutnya apa yang dilakukan satgas dengan dukungan dari pemerintah merupakan bentuk kerja sama.

"Ini bukan intervensi, tetapi kerja sama. Sama kayak renovasi 22 stadion, bukan intervensi tetapi infrastruktur yang harus dibangun. Jadi satgas ini serius, dan exco mendukung," pungkas Erick Thohir. (antara/jpnn)

Erick Thohir menyatakan bahwa akan membentuk dua satuan tugas (satgas) khusus untuk mempercepat transparansi PSSI.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News