PSSI Menguji Regulasi Keamanan Baru Liga 1 dalam Laga Persis Solo Vs Jeonbuk

Sabtu, 17 Juni 2023 – 22:44 WIB
PSSI Menguji Regulasi Keamanan Baru Liga 1 dalam Laga Persis Solo Vs Jeonbuk - JPNN.com Jateng
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat menemuai wartawan seusai laga Persis Solo vs Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan Solo, Sabtu (17/6). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SOLO - Laga Persis Solo melawan Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan Solo, Sabtu (17/6), menjadi salah satu pertandingan untuk menguji regulasi baru yang akan diterapkan PSSI pada Liga 1 2023/2024.

Panitia penyelenggara dalam laga yang berkesudahan 1-2 untuk kemenangan klub asal Korea Selatan itu menerapkan sistem keamanan steward atau tanpa melibatkan aparat kepolisian di dalam kawasan Stadion Manahan Solo. Total ada 300-an Steward terlatih yang terlibat dalam pertandingan pramusim tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang turut menyaksikan laga Persis Solo melawan Jeobuk itu menyebut bahwa penerapan sistem steward menjadi bagian dari keselamatan untuk para suporter.

"Memang ini bagian dari bagaimana suporter pulang dengan selamat," ujarnya seusai pertandingan.

Selain itu, Erick juga menyampaikan bahwa ke depannya agar tiket pertandingan Liga 1 bisa menggunakan digital guna memastikan karakter penonton yang hadir.

"Jadi memang nanti semua tiket, data-data didigitalkan, karena ini bagian juga supaya bisa memastikan karakter penonton yang hadir,' katanya.

Namun demikian, Erick menegaskan bahwa sistem-sistem itu tidak harus diterapkan untuk penyelenggaraan Liga 1 musim depan. Indonesia saat ini baru bertransisi untuk membentuk ekosistem sepak bola yang lebih profesional setelah terbebas dari sanksi FIFA akibat tragedi Kanjuruhan.

"Memang sudah putusan kemarin antara PSSI dengan FIFA, dan tentu yang dipaparkan oleh liga. Di mana memang ini merupakan transisi kenapa hanya penonton tuan rumah saja yang datang," jelasnya.

PSSI menjajal regulasi keamanan baru dalam laga persahabatan pramusim antara Persis Solo melawan Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan, Sabtu (17/6).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia