DPRD Jateng: Jurnalis Berperan Penting Jelang Pilkada 2024

Senin, 10 Juni 2024 – 19:55 WIB
DPRD Jateng: Jurnalis Berperan Penting Jelang Pilkada 2024 - JPNN.com Jateng
Anggota Komisi A DPRD Jateng Denny Septian. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Denny Septian menyatakan peran jurnalis sangat penting dalam pemberitaan positif di masa pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024.

Denny menyebut jurnalis media arus utama (mainstream) harus bisa memverifikasi berita akurat, tepat. Termasuk informasi yang disampaikan membangun optimisme.

Jurnalis di media mainstream dinilainya jelas secara struktur dan resmi, terdaftar di dewan pers. Begitu pula jurnalisnya memiliki kompetensi juga terverifikasi di dewan pers.

"Saya kira jurnalis menjadi lebih penting supaya dalam konteks-konteks tahun politik apalagi menjelang Pilkada 2024, berita-berita ini menjadi semakin menyejukkan masyarakat," ujarnya dalam diskusi Jurnalisme Damai oleh IJTI dan Badan Kesbangpol Jateng, Senin (10/6).

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jateng Teguh Hadiprayitno mengatakan penerapan jurnalisme positif masih belum sepenuhnya terasa.

Namun, menurutnya di Papua, pendekatan melalui jurnalisme positif telah menunjukkan dampak yang signifikan.

"Jurnalisme positif dapat berperan penting dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih harmonis" katanya.

Menurutnya, jurnalisme positif tetap harus kritis sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Pers Nomor 40 Tahun 1999, yang menggariskan bahwa pers memiliki empat fungsi, termasuk fungsi sebagai media pendidikan dan kritik.

DPRD Jateng menyebut pentingnya peran jurnalis menjelang Pilkada 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News