Hasil Survei Pilkada Solo 2024: Gusti Bhre Menjadi Ancaman untuk Kader PDIP

Selasa, 13 Agustus 2024 – 20:35 WIB
Hasil Survei Pilkada Solo 2024: Gusti Bhre Menjadi Ancaman untuk Kader PDIP - JPNN.com Jateng
Solo Raya Polling merilis hasil simulasi Pilkada Solo 2024 pada Selasa (13/8). Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Solo Raya Polling merilis hasil simulasi Pilkada Solo 2024 pada Selasa (13/8). KGPAA Mangkunegara X atau Gusti Bhre yang diusung 6 partai kalahkan bakal pasangan yang diusung PDIP.

Pendiri Solo Raya Polling Suwardi mengungkapkan bahwa hasil tersebut didapat berdasarkan pada hasil survei yang dilakukan sebanyak 4 kali. Melibatkan 735 responden di 105 titik lokasi mulai 28 Juli-5 Agustus 2024.

"Ini survei keempat kali untuk menjajaki kemungkinan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2024. Kami melakukan survei tanggal 28 Juli-5 Agustus. Sekitar satu minggu tim saya terjunkan di Kota Solo," kata dia di Solo, Selasa (13/8).

Dosen Universitas Slamet Riyadi itu menjelaskan simulasi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota didasarkan pada peta politik yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Simulasi pertama, Suwardi mengadu pasangan Gusti Bhre-Astrid Widayani melawan Teguh Prakosa-Her Suprabu yang sama-sama merupakan kader PDIP.

Berdasarkan hasil survei, pasangan Gusti Bhre-Astrid memperoleh 54,7 persen dan pasangan Teguh Prakosa-Her Suprabu memperoleh 41,0 persen.

Sedangkan simulasi kedua, dia memasangkan Gusti Bhre-Sugeng Riyanto yang merupakan politisi PKS dan pasangan kedua yakni Teguh Prakosa-Her Suprabu.

"Kami memasangkan Gusti Bhre dengan Sugeng Riyanto karena dalam perjalanannya PKS merapat ke Sumber (mengacu pada Gibran), jadi bukan PDIP. Asumsi saya jangan-jangan PKS menghendaki wakil wali kota," kata dia.

Solo Raya Polling merilis hasil simulasi Pilkada Solo 2024 pada Selasa (13/8). Elektabilitas Gusti Bhre mengalahkan pasangan yang diusung PDIP.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News