Duet Trah Sukawi-Soemarmo Akan Kuat di Pilkada Semarang, Berpeluang Menang

Selasa, 13 Agustus 2024 – 09:40 WIB
Duet Trah Sukawi-Soemarmo Akan Kuat di Pilkada Semarang, Berpeluang Menang - JPNN.com Jateng
Ilustrasi Pilkada Semarang. Foto: Ricardo

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Duet trah Soemarmo dan Sukawi Sutarip yang sama-sama mantan wali kota dinilai berpeluang besar menang pada Pilkada Kota Semarang 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Wahid Abdulrahman.

Dia menyebutkan bahwa Juan Rama yang merupakan putra dari Soemarmo akan maju sebagai bakal calon wakil wali kota dari PKB, sedangkan Yoyok Sukawi -putra Sukawi Sutarip- sebagai kader Partai Demokrat diusung sebagai bakal calon wali kota Pada Pilkada Kota Semarang 2024.

"Baik Juan Rama maupun Yoyok Sukawi, keduanya representasi anak biologis mantan dua wali kota sebelumnya. Jika dua trah politik Pak Soemarmo dikawinkan dengan trah politik Pak Sukawi, akan menjadi potensi yang besar untuk menang," katanya di Semarang, Senin (12/8).

Menurut dia, pasangan tersebut akan kuat melawan calon lain, termasuk jika berhadapan dengan mesin politik PDI Perjuangan sekalipun yang sudah memiliki tradisi menang pada Pilwakot Semarang.

Pengajar dari Departemen Politik dan Pemerintahan FISIP Undip yang sedang mengambil program doktor di Jerman itu mengatakan bahwa kandidat juga harus dilihat latar belakang keluarga dalam peta kekuatan dukungan.

Bagaimanapun juga, kata dia, pola patron-klien (relasi atasan-bawahan) di Indonesia masih cukup kuat dalam memengaruhi dinamika politik.

"Nah, latar belakang beliau (Juan Rama, red.) dari trah anak Pak Soemarmo ini saya kira memberikan ruang untuk menjadi potensi jaringan politik yang cukup masif pada level grass root," katanya.

Duet trah Soemarmo dan Sukawi Sutarip yang sama-sama mantan wali kota dinilai berpeluang besar menang pada Pilkada Kota Semarang 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News